Subsidi..bebeEm

Penghapusan subsidi BBM mungkin bukan kebijakan yang buruk dibanding dengan menambah hutang luar negeri dan bila penghapusan subsidi bahan bakar minyak itu dilakukan secara bertahap simultan dengan dilakukannya langkah-langkah penghematan pengeluaran/ belanja negara. Utk menjadi konsensus nasional atas kepekaan para politisi dan pejabat birokrasi atas keadaan perekonomian rakyat, nasional dgn dimilikinya rasa keprihatinan pada rakyat kebanyakan.


Pada sisi lain uang dari pengurangan subsisdi BBM akan dibarengi dengan realokasi anggaran untuk program spesifik (earmark programs). Sesuai hasil eksperimen yang dilakukan Penelitan dan Pelatihan Ekonomika dan Bisnis (P2EB) Universitas Gajah Mada terhadap 335 anggota masyarakat, dimana sementara ini dianggap sebagai kebijakan yang paling dapat diterima rumah tangga Indonesia. Namun dalam hal ini tetap tidak dapat menghindari akibatnya pada depresiasi nilai rupiah terhadap nilai tukar dagang dan efek gandanya.

Bagaimana dengan  upaya penghematan pengeluaran/ belanja negara?

Untuk menekan pemborosan anggaran, pemerintah mulai menyiapkan dasar hukum penghematan belanja negara. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan saat ini rancangan instruksi Presiden (Inpres) perihal penghematan anggaran telah selesai.  Mudah2an efektif pelaksanaannya..ii

Komentar

Postingan Populer